Kunjungan Pak Jusuf Kalla ke ATMI Solo

Spot selfie bagi karyawan
Saat menulis catatan ini sebenarnya saya masih punya tanggungan 3 tugas menulis. 2 tugas menulis (paper review) dari dosen dan satu revisi paper yang saya kirimkan ke jurnal METRIS milik Atma Jaya Jakarta. Akan tetapi, peristiwa kali ini merupakan salah satu momen yang istimewa, jadi sayang jika tidak didokumentasikan.
Kembali ke rencana kunjungan Pak Jusup Kalla (Wakil Presiden RI) ke ATMI Solo, sebenarnya saya pribadi kurang paham tujuan utama beliau datang ke tempat saya bekerja, Politeknik ATMI dan PT. ATMI. Memang sih beberapa waktu yang lalu, Politeknik ATMI sempat mengundang beliau ke ATMI dalam rangka peresmian Program Study D4 yang baru. Akan tetapi karena kesibukan beliau maka undangan yang rencananya akan dihadiri beliau tidak jadi dilaksanakan. Mungkin saja kunjungan hari ini adalah pengganti kunjungan yang kemarin. Tetapi bedanya kalau kunjungan pertama beliau diundang, tapi kalau sekarang merupakan kunjungan kerja, tentunya berbeda juga dalam hal pembiayaan hehehe...
Kunjungan Pak JK ke Solo tentunya tidak hanya sekedar kunjungan kerja biasa ke ATMI, akan tetapi punya agenda - agenda lain yang memiliki tujuan strategis (kita yakini saja). Tapi menurut saya pribadi kunjungan kerja ke ATMI didasari beberapa hal. Pertama semenjak Presiden Jokowi mencanangkan program revitalisasi sekolah vokasi, ATMI menjadi sering dikunjungi pejabat sekelas menteri sehingga Pak JK juga penasaran dan tertarik untuk berkunjung ke sekolah yang sudah didirikan sejak 1968 oleh seorang misionaris dari Swiss ini. ATMI memang menjadi sekolah vokasi pertama yang ada di Indonesia, sekolah yang mengintegrasikan kegiatan praktek regulernya dengan kegiatan industri(lain kali akan saya ceritakan deh tentang ATMI). Yang kedua adalah, ini yang istimewa...Presiden Jokowi akan mengadakan hajatan MANTU putri kedua beliau pada hari Rabu 8 November 2017. Tentunya sebagai rekan kerja, Pak JK juga akan menghadiri acara istimewa ini. Kalau bahasa Jawanya, Pak JK melakukan Ngiras Pantes. Hal yang utama adalah menghadiri resepsi pernikahan Putri Presiden Jokowi, sekaligus melakukan kunjungan ke ATMI untuk melihat langsung sekolah vokasi yang  akan berusia 50 tahun tahun 2018 besok.
Karyawan ATMI saat melintas di Truk Pasukan Pengaman

Ada hal menarik lain yang masih terkait kunjungan wakil presiden kali ini. Cerita dari beberapa teman yang terlibat dalam persiapan penyambutan Pak JK. Tentu sebagai orang pejabat penting nomor 2 di negeri ini, persiapan tidak bisa sembarangan. Jadi, ini ringkasan hal - hal menarik versi saya :
1. Banyak Tentara dan pasukan pengaman yang berjaga disekitar ATMI sejak H-2.
2. Mobil Panser di parkir di dalam ATMI, menjadi spot selfie bagi karyawan dan mahasiswa
3. Kerja tim HK yang biasanya diawasi manajer, sekarang diawasi Paspampres
4. Warung di sekitar ATMI di tutup
5. Mahasiswa dan Karyawan harus menunjukkan ID card saat masuk ATMI
6. Backdrop penyambutan diganti beberapa kali
7. Panggung/podium juga dipersiapkan secara kokoh
8. Supaya tidak terjadi antrian keluar/masuk saat istirahat, himbaun membawa bekal dari rumah dibuat HRD.

kiranya itu dulu yang bisa saya ceritakan dibalik kunjungan Wakil Presiden ke ATMI, semoga dengan kunjungan beliau ATMI mendapat support yang positif untuk terus mengembangkan pendidikan vokasi di Indonesia. Maaf, saya terburu - buru hehehe...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Kartu Peringatan 1000 Hari (utk nasi Box)

Contoh - contoh hasil pengecoran logam

Panase Srengenge, Kabeh Melu Nyonggo