Tips Memilih Durian

Dear penggemar duren,
Tips ini pernah saya buat diblog yang saya buat di awal - awal saya ngeblog. dari pada tulisan saya terpisah pisah, mending saya repost supaya ngumpul sama temen - temennya di blog area belajar ini.
Kebetulan saya pribadi hobi makan buah yang berbau tajam ini. Kali ini saya mau membagikan tips untuk memilih duren, tips yang saya dapat dari Bapak mertua yang dulunya juga hobi makan duren.  Kalau pas musim duren, biasanya saya akan beli di daerah antara Kraton Mangkunegaran Solo dan Pasar Legi. Disitu banyak pedagang buah duren yang menjajakan dagangannya. Semua klaim kalau durennya sudah tua dan rasanya mantap. Tapi terkadang kalau pas beli ada yang mengeluh kalau durennya nggak enak dan nggak ada rasanya. Kalau dipikir-pikir, si pedagang sebenarnya juga pasti nggak tau rasa sebenarnya wong kondisi durennya juga belum dibuka. Saya jg beberapa kali mengalami kejadian ini, sampai kapok beli yang dipinggir jalan. Kalo kepingin banget, ya… dimakan di situ saja, atau kalo mo dibawa pulang mending beli di hypermart sekalian, dengan mutu yang bagus jatuh harganya jadi sama. Atau kalau jaman sekarang sudah ada tu yang jual durian kupas dalam wadah atau pancake durian, dijamin manis rasanya. 
Sekarang kalo mau memilih duren di pinggir jalan, ini ada manual book untuk bisa memilih duren yang tidak mengecewakan :
– Lihat batangnya, kalo batangnya besar biasanya daging buahnya tebal
– Dipukul. Kalo bunyinya bug-bug mantap, tandanya sudah layak dikupas.
– Durinya tidak terlalu lancip
– Duren yang sudah tua akan mengeluarkan bau harum
– Jangan dipilih kalo sudah terbuka kulitnya, karena akan anyep / gak seger
– Duren tua, ngupasnya sangat gampang, cukup dicungkil sedikit ujungnya sudah bisa dibuka dengan tangan. Jadi kalo susah dibukanya, bisa dipastikan durennya kurang cukup tua.

Tips di atas tidak menjamin 100% durian yang dipilih rasanya enak, tapi paling tidak dengan pendekatan di atas, duren yang dipilih mendekati enak. Mungkin ada yang mau menambahkan lagi, silakan…

Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Kartu Peringatan 1000 Hari (utk nasi Box)

Contoh - contoh hasil pengecoran logam

Panase Srengenge, Kabeh Melu Nyonggo